HARMONI KEBERSAMAAN

Gempa Lombok Adalah Ujian dan Adzab

Sunday, September 2nd 2018. | Tulisan Lepas

Gempa lombok dianggap Ujian bagi orang beriman, Alloh menguji kesabaran bagi umat Islam di pulau Lombok, bagi yang sabar maka Alloh akan berikan pahala dan akan dibangkitkan dan dikembalikan keadaan semula, bagi yang menggerutu akan menapat dosa.

Gempa Lombok menjadi Adzab bagi orang orang yang banyak bermaksiat. Konon di Lombok banyak maksiat terutama didaerah wisata dengan tetamu Asing, Alloh akan memberi balasan dengan adzab kepada daerah yang banyak bermaksiat, tidak hanya kepada anyg melakukan maksiat saja tetapi musibah juga akan menimpa kepada orang orang soleh disekitar tempat maksiat tersebut.

Dengan turunnya musibah tentu mempengaruhi kehidupan ekonomi dilokasi tempat gempa,
perdagangan tentu akan berhenti karena selain barang dagangan langka, distribusi barang terganggu, supplay deman juga tidak stabil barang dagangan langka sehingga harga barang menjadi naik tak terkendali,

infrastruktur jalan tergangu. Perjalanan barang juga crowded turut mempengaruhi haraga barang, kelangkaan barang mempengaruhi suplay dan deman sehingga harga harga barang melambung tinggi.

Konsentrasi korban gempa masih berkutat pada pemulihan infrastruktur rumah, dan tempat tinggal sementara, membersihkan tempat tinggal dan lain-lain.

sehingga aktivitas bisnis belum kembali normal. Yang biasa berdagang mungkin barang dagangannya hancur ketimpa reruntuhan, mungkin modal habis untuk mengcover biaya kebutuhan hidup sejak gempa pertama hingga hari ini, itupun masih kurang, sehingga perlu bantuan pangan untuk hidup mereka.

Yg biasa bertani, selain masih konsentrasi hidup dipengungsian yg serba seadanya dalam kondisi kekurangan, kebetulan suasana dan kondisi sedang kemarau dan kekeringan sehingga belum bisa melakukan aktifitas bercocok tanam atau pertanian.

Sehingga untuk menuju kepada pemulihan ekonomi membutuhkan waktu yg cukup lama, bisa 1 tahun sampai 2 tahun.

Selain masih banyak yg mengalami Trauma kawatir terjadi gempa susulan yg lebih besar dan para korban belum berani tidur di rumah rumah yg masih aman tidak roboh.

Mereka masih banyak membutuhkan bantuan dari para dermawan dan dan relawan terutama pemerintah untuk membantu para korban gempa Lombok.

Bantuan pangan , pakaian dan tempat tinggal darurat, sebagian sudah cukup, namun bantuan pasca bencana gempa masih sangat dibutuhkan. Terutama untuk membangun kembali rumah rumah penduduk korban bencana, sarana ibadah, sarana pasar, dan yg lebih penting tempat usaha atau perdagangan supaya ekonomi menggeliat.

Bagi petani mungki bantuan pasca gempa bisa berupa modal untuk beli bibit tanaman dan peralatan pertanian .

Bagi orang yg sebelumnya berdagang diperlukan modal kerja.

Peluang Bisnis yg paling menjanjikan saat pasca bencana gempa Lombok adalah :
1. Bisnis Bahan bangunan (matrial)
2. Bisnin pangan
3. Bisnis jasa pengiriman.
4. Bisnis jasa konstruksi
5. Bisnis peralatan listrik dan alat kominikasi
7. Bisnis bibit tanaman ada peralatan pertanian
8. Bisnis bisnis lain yg diperlukan untuk recovery

Analyst :
Ahyan (Ketua Bidang Ekonomi Forkammi)

tags: ,

Related For Gempa Lombok Adalah Ujian dan Adzab