FORKAMMI

Forum Komunikasi Musholla Masjid Cikarang Raya

RUANG IKLAN

Ngaji Bulanan Forsil, Hikmah Hakekat Shalat

No Comments Share:

Pengajian Bulanan Forsil : “Kajian Pencari Surga” – 12 Januari 2019
Tema : Hikmah Hakekat Shalat – Ust KH Dr Wawan Aunillah Kamil MA bin Yusuf Kamil

Luruskan niat untuk menjalin silaturrahim dan menuntut ilmu

Barang siapa yang bertambah ilmunya tetapi tidak bertambah petunjuk yang didapatnya sehingga tidak bertambah mendekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka tidak lain kecuali dia tambah menjauh dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Shalat harus menghadirkan badan, hati dan jiwa dengan thuma’minah. Tidak bisa hanya badannya saja. Jika shalatnya tergesa-gesa maka dipastikan dia tidak thuma’minah. Thuma’minah akan menghadirkan sakinah, maka shalatnya akan tenang dan membawa ketenangan selanjutnya mendatangkan rasa takut dan sekaligus cinta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ketika mendengar adzan maka dia tinggalkan semua perkara dunia dan bersegera memenuhi panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena tidak ada yang lebih penting daripada panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka ketika ada panggilan apapun untuk beramal sholeh, maka akan selanjutnya dengan senang hati dan bersegera karena sudah ada rasa cinta dan takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam hatinya dari hasil shalatnya.

Ada Ulama yang sampai mengatakan : Janganlah kecepatan memenuhi buang hajat mengalahkan cepatnya memenuhi panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Perhatikan bagaimana kita harus memilih pakaian terbaik saat shalat. Ini sebagai akhlak menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan ada Ust yang membawa cadangan pakaian karena khawatir ada najis. Minimal sempurna membersihkan diri saat BAK.

Secara bahasa shalat bermakna do’a, maka seluruh yang dibaca dalam shalat adalah do’a.
Do’a ini akan membawa ketenangan.

Shalat adalah rangkaian gerakan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu. Dan Mazhab Syafii detail contoh Al Fatihah rukun shalat. Mazhab Hanafi lebih sederhana, Al Fatihah bukan rukun shalat, tapi rukun shalat baca Al Quran . (Salah satu negara yang paling menerapkan Mazhab Syafii adalah Maroko)

Keimanan seseorang dalam memenuhi panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala teruji bukan ketika dia sehat tapi ketika kurang sehat, bukan ketika dia lapang tapi ketika dalam keadaan sempit.

Wallahu’alam…

*) menjawab salam yang tepat : wa’alaykumussalam karena adanya alif lam syamsiah sebelum salam. Kalau wa’alaykumsalam tidak ada maknanya dan bisa jadi tak ada pahalanya.

Previous Article

Pembukaan Program Tahsin dan Tahfidz MRO Cikarang di Masjid Al Muhajirin Taman Magnolia

Next Article

Junaidi Sampaikan Terima Kasih Atas Sedekah Bisnis Forkammi

Artikel lain

Open chat
1
Assalamu'alaikum, silahkan chat disini