HARMONI KEBERSAMAAN

Ramadhan Menyatukan Umat Islam

Sunday, May 5th 2019. | Reportase

Selalu banyak hikmah saat Ramadhan tiba. Diantaranya mampu menyatukan umat Islam. Terutama pada malam pertama pelaksanaan Shalat Sunat Tarawih. Seperti halnya di masjid jami Al Inabah yang berlokasi di Kalenderwak Desa Karangsari Kecamatan Cikarang Timur, jamaahnya membludak.

Mengapa jamaahnya membludak? Satu bukti bahwa umat Islam merasa terpanggil Allah SWT untuk menegakkan kewajiban dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Seperti halnya disampaikan Wahyudin dalam kultumnya bahwa kualitas iman umat Islam saat Ramadan tiba bergerak lebih meningkat. Sebelumnya shalat Isya dihadiri hanya satu hingga dua Shaf saja, tetapi malam pertama bulan Ramadan 1440 Hijriyah ini subhanallah full seruangan masjid baik jamaah lelaki maupun perempuan. Satu indikator Ramadan mampu menyatukan umat. Seakan luas ruangan masjid menyempit.

Lebih lanjut penyampai kultum yang berprofesi sebagai Guru dan Dosen itu tentunya berharap kita umat Islam memperoleh rahmat, magfiroh dan itqun minannar (terbebas dari api neraka) ini harapan umat Islam.

Tentunya prestasi yang diukir malam ini berlanjut hingga sebulan penuh bahkan pasca Ramadan pun terus dipertahankan, umat Islam tetap giat beribadah dengan bingkai persatuan umat. Seperti dikatakan sebuah maqolah :”Quwwatul Islam Bil jamaah”, kuatnya umat Islam dengan berjamaah”. Betapa indahnya bila kebersamaan ini terus terjalin maka NKRI akan terintegrasi dalam bingkai kebersamaan. Semoga Ramadan tahun ini sebagai media pembelajaran berharga dalam kerangka persatuan umat. Aamiin.

Kontributor : Wahyudin, NS. Sekretaris DKM Al Inabah

Related For Ramadhan Menyatukan Umat Islam