FORKAMMI

Forum Komunikasi Musholla Masjid Cikarang Raya

RUANG IKLAN

Idul Fitri dan Kesadaran Beragama

No Comments Share:

Masjid Al-Inabah berlokasi di Kp. Kalenderwak RT.04/01 Desa Karangsari Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi saat pelaksanaan shalat Idul Fitri disesaki jamaah. Seakan ruangan dan pelataran masjid menyempit. Bersyukur antusiasme umat Islam spiritnya membara. Bangga rasanya, umat Islam sangat solid diawali dari pemberdayaan dan upaya memakmurkan masjid. Subhanallah.

Sejak Pkl. 05.30 Wib jemaah mulai berdatangan. Mengharapkan shaf paling depan untuk meraih fadhilah shalat berjamaah. Diawali dengan pengantar oleh M. Ma’mun Nawawi selaku Ketua DKM kemudian dilanjutkan Doa dan Tahlil oleh Ahmad Baihaqi sekaligus imam shalat dan sebagai Bilal Idris Al Ayyubi. Bersyukur prosesi shalat berlangsung khidmat. Adapun sebagai Khotib Idul Fitri Wahyudin, NS. menyampaikan dalam khutbahnya bahwa Idul Fitri sebagai momentum kembali kepada fitrah, kesucian diri yang dikemas dengan ibadah mahdhah dan ibadah sosial sehingga sebagai insan beriman kembali kepada fitrah. Selalu berorientasi kepada kebenaran.

Di sisi lain, substansi khutbah tersebut disampaikan bahwa agama harus menjadi garda terdepan. Terlebih di NKRI ini mayoritas muslim. Idealnya nilai-nilai islami harus menginternalisasi pada kehidupan keluarga, masyarakat bahkan negara. Bukankah dalam Pancasila sila kesatu diamanatkan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa? Artinya setiap warga negara wajib mempercayai adanya Tuhan. Di sinilah, agama menjadi perekat persatuan umat di tengah perbedaan yang sangat kompleks.

Semoga saja, Idul Fitri tahun 1440 H ini sebagai proses kristalisasi nilai persatuan. Di mana bangsa Indonesia sangat heterogen di segala bidang. Dengan apa hal tersebut bisa diraih? Tentunya dengan kesadaran pengamalan agama dan pembentukan karakter bagi semua stratifikasi sosial. Wallahu ‘Alam.

*) Kontributor : Wahyudin, NS. Praktisi Pendidikan dan Dakwah serta Pembina Pengajian Yasin Malam Jum’at door to door di Kp. Kalenderwak.

Previous Article

MEMAKNAI TEKNOLOGI MODERN

Next Article

Kajian Rutin Ummahat MT. AZZAHRO Bab Thoharoh

Artikel lain

1
Assalamu'alaikum, silahkan chat disini
Powered by