HARMONI KEBERSAMAAN

Literasi Masjid Bangun Peradaban

Monday, April 10th 2017. | Tulisan Lepas
Please follow and like us:

Literasi Masjid Bangun Peradaban
Oleh: Wahyu

Subhanallah, kalimat inilah yang sejatinya saya ungkapkan. Sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. Mengapa demikian? Baru saja saya menunaikan shalat berjamaah Ashar di Masjid Tropikana Senin 10 April 2017, luar biasa manajemennya rapih dan tertata.

Di samping kegiatan peningkatan kualitas keagamaannya dengan kajian-kajian berlangsung intens, yang menjadi sorotan saya aspek literasinya.

Masjid yang berada di Perum Tropikana ini, memang sangat reugreug kegiatannya. Terutama dalam hal literasi. Kita lihat di samping kiri dan kanan, disiapkan dua lemari besar untuk menyimpan kitab dan buku. Bukankah ini sebagai bukti terbukanya peradaban?

Dengan disediakannya kitab dan buku, seperti Tafsir Al Maudhu, kitab Fiqih Shalat, Al Qur’an dan Hadits serta tema lainnya sebagai upaya membuka peradaban.

Dengan upaya ini, sebagai strategi membuka wawasan umat agar lebih tercerahkan. Bukankah ini sebagai implementasi dari ayat yang pertama diturunkan yaitu iqra?

Semoga saja pengurus DKM lain, terinspirasi menjadikan masjid sebagai pembuka peradaban, sehingga wawasan keagamaan masyarakat muslim kian tercerahkan. Kian jelaslah, bahwa literasi masjid sebagai starting poin membangun peradaban. (WNS).

Wallahu ‘Alam

Please follow and like us:

Related For Literasi Masjid Bangun Peradaban