HARMONI KEBERSAMAAN

Peringari Hari Bumi, Basnaz Gandeng Forkammi dan BSB Tanam 1000 Mangrove

Sunday, April 23rd 2017. | Reportase
Please follow and like us:

Peringari Hari Bumi, Basnaz Gandeng Forkammi  dan BSB Tanam 1000 Mangrove
Memperingati hari Bumi yang jatuh pada Rabu (22/4), Badan Nasional Zakat (Basnaz) menggandeng Forum Komunikasi Mushola Masjid  dan Bank Sampah Bekasi (BSB) 1000 menanam Mangrove.

Penanaman dilakukan di sekitar pantai wilayah Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi. Masjid harus menjadi salah satu pelopor untuk perbaikan lingkungan.

“Penanaman pohon mangrove di sekitar pantai, merupakan salah satu wujud islam sebagai rahmatan lil’alamin, dan masjid harus menjadi pelopor untuk wujudnya rahmat islam ini di tengah masyarakat dan lingkungan,”ujar Ketua Forkammi, H. Imam Hambali.

 
Untuk mencapai lokasi, para peserta yang ikut menanam mangrove menaiki perahu sampan menuju lokasi. Setiba di lokasi peserta dari Forkammi, H. Imam Hambali, H. Ahmad Tatang,H. M. Taufik Hidayat, Bidang Sosial Forkammi, Arry Kurnia dan H. Abdul Azis, Ketua Baznas Kabupaten Belasi yang sekaligus juga sebagai pembina Forkammi serta H. M. Suhapli, Ketua Forum Bank Sampah Bekasi melakukan penananam mangrove.

 

Acara penanaman mangrove tersebut didahului dengan pembagian bingkisan kepada para santri dari madrasah setempat oleh Baznas. Kondisi madrasah setempat juga sudah cukup prihatin karena abrasi yang cukup parah. Bila diperhatikan lokasi setempat sudah banyak yang mulai terendam air laut, termasuk area pemakaman setempat.

 

Seribu pohon mangrove ditanam dipantai tersebut, bentuk kepedulian kepada Bumi, dan menjadikan ekosistem alami untuk kehidupan pinggir pantai agar mengurasi abrasi. Acara diakhiri dengan mencoba kuliner khas daerah mangrove, yaitu jus mangrove dan dodol mangrove. (zae)

Please follow and like us:
tags:

Related For Peringari Hari Bumi, Basnaz Gandeng Forkammi dan BSB Tanam 1000 Mangrove