Fenomena Anak Kecil di Masjid

Thursday, November 9th 2017. | Tulisan Lepas
Please follow and like us:

Fenomena Anak Kecil di Masjid
Oleh: Wahyudin, NS.
(Sekretaris DKM Al-Inabah Cikarang Timur)

Terkadang “geregetan” juga melihat anak kecil yang ikut shalat di Masjid. Cenderung mengganggu kekhusyuan, bahkan suka berisik tak terkira. Tetapi setelah dipikirkan secara matang, ternyata kehadiran anak kecil di masjid sangat menarik untuk direnungkan. Benarkah demikian?

Saya sering merenung, saat melihat anak kecil ikut shalat di masjid. Hati kecil terkadang malu dan sering senyum sendiri. Kok kalah sama anak kecil ya. Mengapa dia bisa ke masjid saya tidak? Mengapa dia ikut berjamaah saya tidak? Banyak pertanyaan bisa kita lontarkan. Bukankah anak kecil itu nanti akan malanjutkan perjuangan kita? Bisa jadi, anak kecil yang hari ini digendong bapaknya, dua puluh atau tiga puluh tahun akan datang menjadi Imam Besar. Bukan hanya imam di masjid dekat rumah kita, namun bisa jadi Imam Besar di Masjid Haromain. Siapa yang mampu memprediksi taqdir seseorang?

Bagi saya, silahkan saja anak kecil datang ke masjid yang penting di bawah bimbingan orang tuanya masing-masing. Hindari anak dari hal yang berkaitan dengan hadats. Upayakan dibalut dengan “panpers” apabila masih balita. Berilah pengertian sejak dini jangan sampai anak “pipis” di dalam masjid.

Saya teringat saat berada di Masjidil Harom dan Masjid Nabawi, di sana banyak anak-anak yang ikut shalat. Melanjutka dengan mengaji Al-Qur’an hingga melahirkan para hafiz. Bahkan banyak yang ikut Thawaf didampingi orang tuanya. Di sisi lain, membiasakan anak memakmurkan masjid sejak dini. Bukankah termasuk golongan yang diistimewakan Allah, diantaranya pemuda yang selalu memakmurkan masjid. Karena masjid lah sebagai ” Rumah Allah” yang disucikan oleh Allah SWT.

Semoga saja, goresan pena yang singkat ini membangkitkan kita semua untuk menggerakkan anak cucu dan generasi masa kini untuk cinta dan sekaligus memakmurkan masjid. Siapakah yang wajib memakmurkan masjid? Tentunya kita semua, generasi hari ini dan akan datang. Yu, ajak anak-anak kita ke masjid. Jangan kalah lho sama anak-anak.

Wallahu ‘Alam

Please follow and like us:

Related For Fenomena Anak Kecil di Masjid