HARMONI KEBERSAMAAN

Pengajian Yasin Door to Door Hingga Zaman Now Gelorakan Literasi Masyarakat

Sunday, March 18th 2018. | Tulisan Lepas

Pengajian Yasin Door to Door Hingga Zaman Now Gelorakan Literasi Masyarakat
Oleh : Wahyudin, NS.
(Pembina Pengajian Yasinan)

Sejak tahun 1979 pengajian Yasin “keliling” door to door tetap eksis dilaksanakan jamaah masjid Al-Inabah Kalenderwak Desa Karangsari Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi. Suatu prestasi ibadah luar biasa. Hingga zaman now ini konsisten tetap berlanjut.

Dinamika pengajian pasti terus berlangsung. Sejak masa sesepuh Kp. Kalenderwak yang memeloporinya seperti Alm. H. Ahmad Roem, H. Onin, H. Usman dan dilanjutkan masa Alm. Ust. Khotib, Ust. Ayub Khan dan Ust. M. Syawaludin (Alm.) Tetap gigih berjuang mensyiarkan agama Islam tak henti.

Diantara tujuan acara ini sebagai media silaturahmi dibingkai pengajian. Menggerakkan persatuan dan kesatuan menuju Ukhuwwah Islamiyah dan Basyariyah. Di sisi lain dalam upaya mengkaji ke-Islaman. Di mana, ilmu ke-Islaman itu terus berkembang seiring dengan fenomena dan dinamika zaman. Isme-isme terus bermunculan, bahkan lebih dari 73 golongan seperti yang telah diingatkan Rasulullah SAW.

Terlebih di saat manusia dikelilingi dengan IPTEK, agama harus tetap menjadi panglima. Agama harus menjadi soko guru pertama dan utama. Karena eksistensi ajaran agama tetap aktual dan mampu menjawab tantangan zaman. Dengan agama, kita tetap istiqomah menjadikan Alquran dan Alhadits sebagai pedoman menuju bahagia dunia dan akhirat. Pengajian Yasin juga sebagai sumber inspirasi, di dalamnya berisi pembelajaran “character building”. Dengan belajar menjadi MC, menyampaikan sambutan sebagai tuan rumah, praktik litetasi dengan tahlil dan doa bersama. Juga, media strategis sebagai wahana dakwah melalui taushiyah dan kajiannya. Sebagaimana diuraikan Wahyudin, selaku pembina pengajian melalui kajiannya bahwa, pengajian ini harus kita pertahankan hingga menghembuskan nafas terakhir. Dari generasi ke generasi, terus dikobarkan semangatnya. Karena yang lebih berat itu meng-Islamkan orang Islam. Kita Islam, keluarga kita Islam, tetangga kita Islam. Apakah sudah Islami? Substansi inilah menjadi PR besar bagi kita secara universal.

Semoga saja pengajian Yasin Door to Door ini membawa hikmah, sehingga Allah SWT mencurahkan rahmat dan magfiroh. Puncaknya menuju masyarakat “baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Amin.
Kalenderwak, 15 Maret 2018

Related For Pengajian Yasin Door to Door Hingga Zaman Now Gelorakan Literasi Masyarakat