Home Reportase Ketua Umum Forkammi Imam Hambali Hadiri Sholat Kusuf Masjid AlMuthmainnah

Ketua Umum Forkammi Imam Hambali Hadiri Sholat Kusuf Masjid AlMuthmainnah

by admin

Ketua Umum Forkammi H. Imam Hambali S.Si menghadiri kegiatan Sholat Kusuf (Sholat Gerhana Matahari) di Masjid AlMuthmainnah, PT Unilever Jababeka, Cikarang.

Selain menjadi imam Shalat Kusuf, beliau juga menyampaikan khutbah, ada 3 hikmah yang disampaikan.

Hikmah pertama, gerhana matahari adalah fenomena alam, bukti kuasa Allah, bukti eksistensi Allah, Islam menolak adanya tahayul, mistisme yg terkait dengannya.

Hikmah kedua, umat Islam didorong untuk meningkatkan kemampuan akal, karena fenomena ini dijelaskan dalam surat Arrahman ayat 5, matahari dan bulan itu bredar dengan hitungan, terjadi ketika matahari, bulan dan bumi segaris,

Dan hikmah ketiga, bahwa amalan ini sunnah, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW, ini menjadi syiar, bahwa gerhana ini bukan mistis dan tahayul.

“Kejadian gerhana adalah bukti kekuasaan Allah, bukan karena dimakan raksasa sebagaimana cerita tahayul,” tuturnya.

Selain Masjid Al-Mutmainnah, Sholat Kusuf juga di laksanakan di masjid-masjid jejaring Forkammi lain nya. Seperti di Masjid Mekar Indah dengan khatib Ust Nasrullah, di Al-Ikhlas Rusa dengan khatib Ust. Nanang Bastian, di Al-Muhajirin Kancil khatib Ust. Agus Setiana, dan Masjid Al Madani Panda khatib Ust Khairiri.

reportase oleh : mr.khan

You may also like