Home Reportase Bagaimana Jadi Masjid Ramah Lingkungan?Inilah Paparannnya dalam Bambu Forkammi

Bagaimana Jadi Masjid Ramah Lingkungan?Inilah Paparannnya dalam Bambu Forkammi

by admin

Bagaimana Menjadi Masjid Ramah Lingkungan?Inilah Paparannnya dalam Bambu Forkammi

Bagaimana menjadikan masjid yang ramah lingkungan?inilah paparannya langsung oleh narasumber Ketua DKM Masjid Baitul Ma’muur,Telaga Sakinah, Cikarang Barat,Bekasi, H.M Suhapli Yang masjidnya sudah mendapatkan sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Penjelasan eco masjid atau masjid ramah lingkungan digelar Forum Komunikasi Mushola Masjid (Forkammi) Bekasi Raya pada program Bersama Masjid Membangun Umat (Bambu) dandikemas interaktif via aplikasi zoom pada Sabtu malam (6/3).

H.M Suhapli menyampaikan bahwa kategori eco masjid adalah pengelolaan sumber air, pengurangan sampah, pembuatan sumur resapan, losada, penghematan energi, tersedianya sarana prasarana kebersihan, dan adanya penghijauan.

“Selain unsur diatas, edukasi lepas jamaah harus sering dilakukan di awal-awal, agar jamaah ikut juga mendukung program eco masjid,”pesannya dalam webinar tersebut.

Setelah unsur-unsur diatas terpenuhi, maka pihak DKM menyampaikan surat kepada MUI divisi Lingkungan dan nanti dari MUI akan mengecek ke lokasi masjid tersebut.

Sekitar masjid dibuat lubang losada, lubang bekas makanan dimasukan untuk membuat kompos, begitu juga sampah sampah daun dikumpulkan untuk dibuat kompos.Penggunakaan alat makan dan minum yang juga bisa dicuci dan terus menyarankan jamaah membawa tumpler.

Air wudhu dibuat hemat dan sirkulasi airnya diolah kembali untuk kolam ikan lele dan untuk menyiram tanaman.

You may also like