Home Tulisan Lepas Sedekah Subuh

Sedekah Subuh

by admin

SEDEKAH SUBUH

Diantara amalan yang menjadi sunnah nabi yaitu menginfaqkan sebagian rizki kita yang disebut shadaqah atau kita sering menyebutnya dengan sedekah. Sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Dengan kata lain, seseorang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya.
Secara umum, sedekah adalah pemberian sukarela dari seseorang kepada orang lain karena ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW, telah memeringatkan kepada umatnya agar berhati-hati, tidak berbuat riya’, dan bersedekah semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT.

Setiap amalan mempunyai waktu-waktu tertentu yang mana jika amalan tersebut dilakukan pada waktu tersebut maka insyaAllah amalan tersebut akan mempunyai keutamaan dan pahala yang lebih banyak serta akan berlimpah berkah dibandingkan bila dikerjakan di waktu yang berbeda. Dan waktu bersedekah yang terbaik adalah sedekah yang dilakukan di waktu subuh. Karena pada waktu subuh itu ada doa dari malaikat dan doa dari Rasulullah SAW. 
“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim.

Hadits di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia. Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insyaAllah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, terutama sedekah subuh yaitu:

  1. Sedekah akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat
    Disebutkan dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
  2. Sedekah kita akan membuat doa-doa kita lebih mudah dikabulkan,
    Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya do’a: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Selain keutamaan-keutamaan tersebut diatas, sedekah masih mempunyai banyak keutamaan lain yang bisa kita pelajari dari kitab-kitab yang membahas tentang sedekah.

ditulis oleh :

Aris Wintarso

Ketua Bidang Pemberdayaan Zakat, Infaq, Sodaqoh & Wakaf (ZISWAF) FORKAMMI

You may also like