Home Reportase Sinergi dengan Baznas Kabupaten Bekasi, DKM Al Madani Jajaki Pembentukan UPZ dan ATM Beras

Sinergi dengan Baznas Kabupaten Bekasi, DKM Al Madani Jajaki Pembentukan UPZ dan ATM Beras

by admin

Sabtu, 8 Januari 2022 pkl. 11.00 bertempat Masjid Jami Al Madani Jl. Panda 6 – Cikarang Baru berlangsung diskusi dan sharing seputar ATM Beras dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), program dari Baznas Kab. Bekasi.

Hadir dari Baznas Kab. Bekasi, Lutfi sedang dari Masjid Al Madani yang hadir adalah H Ahmad Tatang (Ketua Dewan Syuro) – H A Munfadhil (Ketua Amil Zakat) – Teguh Prihatmoko (Sekretaris) – Agus Sudiyanto (Bendahara).
.
Materi Diskusi yaitu terkait :

  1. ATM Beras adalah Pemberian Beras untuk Dhuafa. Kriteria yg dapat mendapatkan beras adalah orang yg Dhuafa / Miskin / Dalam Kesusahan yang ditentukan oleh Musyawarah DKM. ATM diberikan kepada Dhuafa yg ditentukan yang bisa mengambil beras di mesin ATM Beras untuk setiap 1 bln sekali. Berasnya sendiri dicarikan oleh DKM dan juga ditentukan admin yg menset Program ATM Beras. Setiap bulan Program ATM Beras harus dibuat laporan ke Baznas.
  2. UPZ (Unit Pengumpul Zakat).
    Dasarnya adalah UU Nomor : 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan BAZNAS Nomor : 2 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

Beberapa hal yang dapat dijetahui bersama adalah bahwa Suatu Masjid yang akan dijadikan UPZ maka harus membuat surat permohonan kepada Baznas serta membuat Susunan Pengurus UPZ dan Baznas akan menerbitkan SK tentang Pembentukan UPZ dimaksud.

Baik ATM Beras maupun UPZ kedua akan melalui Aturan Baznas Kab. Bekasi dimana akan ada verifikasi dan proses pelatihan untuk pelaksanaannya.

H Ahmad Tatang, selaku Ketua Dewan Syuro Masjid Al Madani akan mempelajari kedua Program ini untuk juga dimusyawarahkan dengan Ketua Umum DKM Masjid Al Madani mengingat ATM Beras itu perlu menentukan bagaimana Pengadaan dan Penyediaan Berasnya dan Menentukan siapa Penerimanya yang akan rutin setiap bulan

“Pastinya harus dikontrol setiap bulan dan akan halnya UPZ juga yang perlu segera dimusyawarahkan mengingat bulan3 ramadhan 1443 H hanya tinggal kurang 3 bln lagi dimana penerimaan zakat pastinya ada disetiap bln ramadhan,” ucap H Ahmad Tatang dalam menutup acara Sharing dan Diskusi dengan Baznas Kab. Bekasi.

Related Posts