Home Tulisan Lepas Ust Adih Amin Lc : Selamat Jalan Sang Guru yang Alim dan Zahid

Ust Adih Amin Lc : Selamat Jalan Sang Guru yang Alim dan Zahid

by admin

Mengenang Alm. KH Nabhani Idris Lc – Pendiri dan Pengasuh Ponpes Umar bin Khatab, Pulomurub, Sukatani.

Detail dan dalam, itulah ciri khasmu pada setiap pembahasan fikih, ikhlas dan istiqomah dalam dakwah, walau hujan dan hanya menggunakan motor tua, engkau hadir dan tidak pernah berfikir ingin libur. Sedikit maupun banyak jamaah pengajiannya, tidak menyurutkan semangatmu pada talim rutin.

Memahami kitab kuning dengan baik, kepiawaian menterjemahkan buku-buku berbahsa arab dan menulis dan menelurkan karya-karya hebat menjadi warisanmu yang langgeng pahalanya. Bahkan kau antar sendiri dan kau titipkan kepadaku untuk dibagikan kepada rekan sepengajianku Wajahmu yang teduh dan menyimpan sejuta asa dalam kebaikan, tanpa banyak kata yang keluar dari mulutmu, namun butiran kalimatnya adalah hikmah yang bersumber dari kitab suci yang terjabarkan dalam kitab para fuqoha.

Kesederhanaan terpancar dari caramu memandang dunia, zuhud yang terpatri dalam hatimu saat jamaah pengajian menawarkan motor baru untukmu dan engkau menolaknya. Ringan beban duniamu karena semua engkau jalani dengan penuh keyakinan dan ketulusan bahwa semua akan indah pada waktunya.

Selamat jalan guruku, aku benyak belajar darimu tentang bagaimana istiqomah dalam dakwah, walau terasa berat, dan engau telah melawati masa itu dengan gemilang. Santri-santrimu bukti nyata kalau engkau telah mendidik mereka dengan akhlaq dan ilmu agama sebagai panduan hidup. Sahabat-sahabatmu telah mengenalmu seorang guru yang sangat patut diteladani. Engkau telah tunaikan kewajibanmu dan engkau telah menorehkan sejarah hidupmu dalam bingkai dakwah dan tarbiyah.

Doa kami untukmu sang guru, KH. Nabhani Idris Lc, sebagai tanda cinta kami. Langkah dan aktivitas kami bersamamu menjadi kenangan indah, karena semua Lillah dan ilallah. Banyak pelajaran berharga dari perjalananmu, ikhas, zuhud, tawadhu dan istiqomah, semoga kami bisa mengikuti jejakmu yang kami yakin itu semua akan membuat kami semakin kuat menapaki jalan hidup tuk menunaikan semua kewajiban ini. Semoga Allah lapangkan kuburmu dan menghimpunmu kedalam golongan hamba-hambaNya yang shiddiqiin, syuhada, solihin wa hasuna ulaaiika rafiqo. (Adih Amin)

You may also like